Senin, 20 Juli 2009

Tentang Tom

Sebagian besar orang ikut kursus memasak biasanya karena ingin menjadi koki andal atau mungkin sekadar ingin pandai memasak. Namun, tidak demikian halnya dengan Tom. Yap, dia teman yang baru saja kukenal.
Ah, bagi Tom, Charlie adalah sang koki andal, baik di restoran maupun dalam kehidupannya. Charlie yang suka bawang, Charlie yang selalu penasaran dengan asal usul makanan di hadapannya …. Banyak yang bisa Tom ceritakan tentang Charlie, istri yang telah pergi setahun lalu karena kanker. Yah, karena Charlie, Tom bersemangat memasak, tetapi karena Charlie pula, Tom enggan menyentuh lagi dapur mereka.
Aku hampir menangis ketika mengetahui perjalanan cinta Tom dan Charlie. Benar, cinta memang sering datang dalam perbedaan. Mereka membuktikannya. Tom begitu perhitungan, sedangkan Charlie penuh spontanitas. Kecintaan akan memasak pun sering tidak memandang suasana. Charlie sampai menunda perjalanan bulan madu mereka hanya untuk mencari tahu cara membuat pasta yang mereka santap dalam sebuah perhentian. Sungguh itu memang Charlie yang telah membuat Tom jatuh cinta.
Saat pertama kali melihat Tom di sekolah memasak Lillian, kupikir dia hanya ingin menghibur diri dengan belajar memasak lagi. Namun, mungkin dia malah mendapatkan lebih dari itu. Tidak hanya teman dan tambahan pengetahuan tentang memasak, Tom juga mendapatkan kembali semangat hidupnya. Di akhir pelajaran memasak, wajah Tom semakin cerah. Mungkinkah karena Chloe, si gadis canggung? Atau Isabelle, wanita tua yang selalu terlihat linglung? Ah, mengapa aku sampai lupa nama Lillian, sang guru? Lillian yang sangat mencintai memasak lebih dari apa pun, Lillian yang mampu menceriakan hati seseorang hanya dengan satu hidangan ….
Yah, mungkin salah satu dari mereka, atau malah semuanya. Entahlah. Mungkin nanti aku akan menanyakan kepadanya. Semoga saja dia ikut lagi di kelas memasak selanjutnya. Hmm, apa yang akan kupelajari nanti ya? Salah, siapa yang akan kutemui di kelas berikutnya ya? Tidak sabar rasanya menanti September ….

16 Juli 2009

Kelas Memasak Lillian
Penulis: Erica Bauermeister
ISBN: 978-979-1227-74-2
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: I, September 2009

2 komentar:

Bayu Probo mengatakan...

maksude kuwi film?

anuma mengatakan...

weh, ini novel, pak! hehe. beli ya!