Selasa, 18 Agustus 2009

just a housewife

Harapan paling besar dan berarti? Hm, sedikit membuatku melayang ke masa lalu. Perubahan cita-cita dari guru, pengacara, hingga penulis novel terkenal menghiasi perjalananku. Namun, ada yang tak berubah sejak aku menyadari itu cita-citaku sebenarnya (izinkan aku menggunakan kata cita-cita). Aku hanya ingin menjadi ibu rumah tangga yang baik. Aku sadar kata ‘baik’ sangat relatif. Ada yang bilang itu terlalu muluk, tetapi ada juga yang bilang itu terlalu sederhana. Benarkah?
Bagiku itu cita-cita yang ingin kucapai, entah bagaimanapun hasilnya nanti. Aku ingin menjadi ibu yang bisa menopang keluarga, bukan dalam hal materi. Inginnya memberi tempat untuk pulang bagi setiap anggota keluargaku kelak, ya suami maupun anak-anak (jika Tuhan mengizinkan). Siang tadi sempat terpikir jika keluarga saja merasa tidak nyaman saat pulang ke rumah dan harus mencari tempat mengeluarkan uneg-uneg atau rasa lelah di luar, bukankah rumah (home) akan kehilangan artinya? Siapa lagi yang bisa memberi makna selain anggota keluarga itu sendiri? Dan menurutku, seorang ibu akan sangat berperan penting dalam hal ini. Bila ibu dapat memberikan kenyamanan bagi setiap anggota keluarga, mereka akan selalu pulang untuk berbagi apa pun.
Apakah ibu yang berperan ganda dengan berkarier tidak dapat memberikan kenyamanan yang sama? Mengapa aku tidak bercita-cita mencapai peran ganda yang berhasil? Aku tidak menganggap ibu yang berperan ganda seperti itu. Banyak contoh ibu yang membuktikan mereka berhasil dalam karier maupun keluarga. Namun, aku memang tidak terpanggil seperti itu. Aku ingin memberikan sepenuhnya waktuku bagi keluarga, semampuku. Aku ingin menikmati setiap detik berharga bersama anak-anakku kelak. Membentuk keluarga yang sungguh bahagia dan mensyukuri yang dimiliki, itu adalah harapanku dan semoga Tuhan mengabulkannya. 

18 Agustus 2008

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"cita-cita yang mulia...bagus..bagus!
housewife?..itu pekerjaan tersulit..terberat..karna ga pernah ada kata libur...
dan km ingin jadi hoesewife yang "baik"...wow..amiin.....amiin..!